Backlink Untuk Website - Seberapa Pentingkah?

Jika kita memiliki website atau blog tentu kita cukup familiar dengan istilah backlink. Backlink pada dasarnya adalah link yang terdapat pada website atau blog lain yang mengarah ke website utama kita. Dengan cara ini pada dasarnya kita menginformasikan kepada robot crawler google bahwa website kita populer karena banyak website lain yang menjadikan website kita acuan atau referensi.

Dahulu sebelum adanya search engine seperti google, yahoo, atau bing, pemilik website akan mempromosikan websitenya secara manual kepada pemilik akun website lainnya sehingga website yang populer biasanya memang website yang memiliki link promosi dimana-mana. Dari sinilah kemudian google sebagai search engine terbesar saat ini menentukan website mana yang populer dan mana yang tidak. Ini akan menentukan posisi website tersebut di ranking pencarian untuk kata kunci tertentu.

Seiring perkembangan teknologi sekarang backlink sudah mengalami pergeseran kegunaan. Sekarang nilai backlink tidak sepenting dahulu pada awalnya. Karena backlink mudah untuk dimanipulasi menggunakan program khusus yang dapat menciptakan jumlah backlink yang massive dimana-mana. Sehingga ranking website di search engine sudah tidak relevan lagi. Kadang kala kita sering menemukan website yang tidak ada hubungannya dengan topik yang dicari berada di posisi teratas pencarian hanya karena jumlah backlink yang massive, walaupun semuanya dikerjakan menggunakan program otomatis.

Sekarang nilai backlink hanya sebagai pelengkap. Semua kembali kepada konten dari sebuah website yang menentukan apakah website tersebut pantas untuk berada di peringkat atas pencarian di search engine atau tidak. Dan tidak ada yang mengetahui formula atau algoritma yang digunakan google untuk mengatur posisi ranking website ini.

Sekarang yang perlu kita lakukan adalah sebaik mungkin memberikan artikel yang bermanfaat bagi pengunjung website, maka perlahan-lahan posisi website kita akan semakin meningkat.