Peluang Usaha Bisnis Online – eBay

Peluang Usaha Bisnis Online - eBay. Jual beli produk atau barang di eBay adalah salah satu bisnis online yang paling menarik. Dengan potensi pendapatan ratusan, hingga ribuan bahkan ratusan ribu dollar setiap bulannya. Namun hingga kini jarang sekali atau sedikit sekali tutorial atau cara belajar untuk memulai bisnis di eBay ini terutama yang berbahasa Indonesia.

eBay adalah salah satu dari dua website marketplace atau jual beli yang terbesar di dunia disamping Amazon.com. Selain bisa berbelanja barang-barang murah dari luar negeri, kita juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berjualan di eBay. Hampir barang apapun dapat kita jual di eBay yang tentu saja harus mengikuti peraturan penggunaan eBay.

Bagi yang baru memulai atau baru saja mau belajar bisnis online di eBay maka salah satu cara yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan sistem dropshipping. Sistem ini sangat populer karena tidak mengharuskan kita untuk memiliki stok sendiri atau tidak memerlukan modal awal untuk membeli stok produk atau barang. Modal yang paling tidak kita butuhkan hanyalah koneksi internet.

Tidak hanya dengan dropshipping, berjualan produk sendiri yang dikirimkan dari Indonesia ke luar negeri juga bisa dilakukan bagi Anda yang memang sudah memiliki produk sendiri untuk dipasarkan. Dengan menjualnya di eBay maka secara tidak langsung kita sudah melakukan ekspansi penjualan secara internasional. Segala proses dari melisting barang di eBay hingga mengirimkan barang jualan kita ke pembeli adalah tanggung jawab kita sebagai penjual.

Untuk memulai bisnis online di eBay kita tentu saja harus memiliki akun di eBay. Sebagai alat pembayaran kita juga diharuskan untuk mendaftar atau membuat akun PayPal. PayPal ini adalah perusahaan mediasi pembayaran online yang juga dimiliki oleh eBay sendiri. Jadi sistemnya adalah kita menjual barang di eBay, kemudian jika ada orang yang membeli barang kita maka pembeli itu akan melakukan pembayaran ke akun PayPal kita. Setelah itu kita kirimkan barang yang terjual kepada pembelinya dan setelah semuanya clear atau beres maka kita bisa menarik uang yang ada di akun PayPal kita ke akun bank di Indonesia.

Lalu apakah harus mengirimkan barang dahulu baru uang di PayPal bisa di cairkan atau di withdraw? jawabannya tidak harus. Selama uang yang dikirimkan sudah masuk ke akun PayPal tanpa ada status on-hold dari eBay, maka uang tersebut sudah bisa di cairkan ke bank di Indonesia walaupun kita belum mengirim barang yang terjual.

Jika melakukan tehnik dropshipping, kita tidak akan dipusingkan dengan kirim mengirim barang. Karena sistem ini kita bertindak sebagai selling assistant atau asisten penjualan. Yang perlu kita lakukan adalah mencari supplier barang yang bisa mengirim barangnya secara internasional dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah terpercaya.

Jika kita sudah menemukan supplier yang menurut kita bisa bekerja sama dengan baik maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melisting atau menjual produk supplier kita di eBay dengan hanya bermodalkan foto produk yang diberikan dari supplier dan juga beberapa deskripsi singkat mengenai barang yang kita listing. Jika kemudian barang yang kita listing itu terjual maka yang perlu kita lakukan hanyalah melimpahkan proses pengiriman kepada supplier kita.

Keuntungan yang kita dapatkan adalah selisih harga jual barang yang kita listing di eBay dengan harga produk yang harus kita bayarkan ke supplier. Setelah pembayaran selesai, supplier akan mengirim barang langsung ke pembeli produk di eBay. Mudah dan cepat namun tentu saja memiliki kekurangan tertentu yakni kita harus terus menerus memantau stok barang yang kita listing di eBay dengan ketersediaan barang di supplier, jangan sampai ketika barang yang kita listing di eBay terjual ternyata produk tersebut juga tidak tersedia di supplier.

Cara atau tehnik manapun yang kita pilih tentu saja berbisnis online di eBay adalah salah satu peluang usaha dalam berbisnis online yang bisa kita lakukan. Dan tentu saja bekali dahulu diri kita dengan segala pengetahuan dan seluk beluk dalam berbisnis di eBay sebelum benar-benar terjun ke bisnis eBay. Memulai bisnis eBay tanpa pengetahuan yang cukup hanya akan merugikan kita kemudian hari, tapi jika sudah memiliki pengetahuan yang cukup namun tidak memulai adalah sia-sia.