Memilih Topik Dengan Nilai CPC Tinggi atau Potensi Traffic Tinggi?

Jika adsense adalah satu satunya sumber penghasilan dari blog atau website yang kita bangun maka akan timbul pertanyaan, mana yang lebih bagus memilih topik yang memiliki nilai cpc atau cost per click adsense yang tinggi atau topik dengan potensi traffic yang tinggi dan viral?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendapatkan kata kunci yang memiliki nilai cpc tinggi adalah keinginan setiap blogger di muka bumi. Apalagi ditambah dengan tingkat persaingan kata kunci di serp atau ranking search engine yang tidak terlalu ketat, sehingga kita bisa dengan mudah mendongkrak posisi artikel kita ke peringkat atas.

Namun keadaan sebenarnya tidak sesederhana itu. Nilai cpc tinggi biasanya berasal dari topik yang memang populer, potensi traffic yang bisa di dapatkan tentu akan sangat tinggi juga, namun dengan catatan artikel kita mendapatkan posisi yang tinggi di ranking search engine sehingga mudah ditemukan oleh orang-orang. Namun tentu saja persaingan untuk berebut posisi tinggi ini juga sangat tinggi. Kita tentu menyadari bahwa kita bukan satu-satunya blogger yang ingin merebut peringkat atas untuk keyword yang cpcnya tinggi.

Dilain sisi kita bisa mendapatkan traffic tinggi namun nilai cpc untuk kata kunci topik ini tidak sebesar yang pertama. Nah mana yang akan kita pilih? Traffic tinggi persaingan tinggi nilai cpc tinggi atau traffic tinggi persaingan rendah namun cpc rendah?

Apapun yang kita pilih yang penting adalah keduanya memiliki potensi yang sama. Dengan memilih topik yang nilai cpcnya tinggi namun persaingan tinggi maka kita dituntut untuk bekerja ekstra keras untuk dapat mendongkrak posisi artikel kita. Dilain sisi dengan traffic yang tinggi walaupun memiliki nilai cpc rendah kita memiliki potensi pendapatan yang besar pula, ditambah dengan keuntungan tertentu jika kita berhasil mendapatkan traffic tinggi maka website kita akan cepat menjadi populer dan semakin menambah potensi traffic kita secara viral.