Peluang Usaha Warnet dan Game Online Masih Menguntungkan?

Usaha warnet dan game online beberapa tahun lalu sempat menjadi primadona. Hal ini bisa kita lihat menjamurnya warnet dan game online dibanyak tempat, mulai dari kota-kota besar bahkan hingga pedesaan. Karena kebutuhan akan internet semakin berkembang, apakah ini juga menjadikan kebutuhan akan warnet semakin besar pula? Apakah memulai bisnis usaha warnet dan game online saat ini masih menguntungkan?

Akhir-akhir ini kita melihat bahwa semakin hari keberadaan warnet tidak sebanyak beberapa waktu lalu. Ini dikarenakan semakin murah dan terjangkaunya perangkat modem dan semakin menjamurnya telepon pintar yang bisa juga kita gunakan untuk berinternet ria.

Namun bagaimanapun juga, rasa kepuasan untuk browsing di internet dari komputer atau laptop tetap tidak bisa dikalahkan dengan perangkat smartphone. Ini karena memang untuk beberapa alasan, browsing dari komputer atau laptop memberikan kemudahan yang lebih dan keleluasaan yang lebih pula jika dibandingkan dengan browsing atau surfing di internet menggunakan perangkat smartphone.

Tapi tidak semua orang memiliki perangkat komputer atau laptop dengan bonus akses internet yang selalu online setiap saat. Walaupun beberapa tempat terutama di kota-kota besar sudah menyediakan wifi gratis tapi ini hanya bisa dinikmati bagi mereka yang memiliki laptop.

Bagaimana yang belum mampu untuk menyediakan komputer atau laptop apalagi menyediakan akses internet online 24 jam? disinilah peluang usaha warnet yang sesungguhnya. Bahkan saat ini kemungkinan pengguna warnet masih lebih besar dari pengguna internet personal baik dirumah atau menggunakan modem.

Dengan berhitung biaya yang harus dikeluarkan untuk penyediaan perangkat komputer dan perawatannya, biaya listrik, biaya akses internet publik, dan karyawan, kita bisa saja beranggapan bahwa membuka usaha warnet dan game online masih memiliki ceruk pasarnya sendiri.