Peluang Usaha Ternak Kambing dan Sapi

Jika kita melihat peluang usaha ternak kambing dan sapi, sebenarnya usaha ternak ini termasuk salah satu usaha yang menjanjikan penghasilan yang besar. Ini dikarenakan jumlah supply produk ternak kambing dan sapi dalam negeri masih belum bisa mengimbangi jumlah permintaan pasar. Inilah yang menjadikan pemerintah, hingga saat ini masih melakukan impor dari luar negeri untuk sapi dan kambing.

Hanya saja memang untuk memulai ternak kambing dan sapi dalam skala bisnis membutuhkan modal yang cukup besar dan tidak bisa dibilang sedikit. Ini dikarenakan harga kambing dan sapi yang siap untuk diternakkan masih tinggi, dan cenderung tetap naik dan tidak ada tanda-tanda penurunan harga. Belum lagi jika kita menghitung biaya pengadaan lahan untuk ternak, biaya penyediaan pakan sehari-hari, dan biaya karyawan yang akan menjalankan kegiatan perawatan sehari-hari.

Namun memang potensi hasil yang bisa didapatkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena untuk kambing saja permintaan sehari-hari masih sangat tinggi. Sebagai contoh untuk pengadaan hewan kambing untuk akikah. Setiap hari jumlah bayi yang lahir di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Dan ini bisa kita sempitkan ruang lingkupnya menjadi perdaerah. Ini masih menjadi lahan penghasilan yang bagus. Apalagi seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pasokan jumlah hewan ternak masih sangat sedikit.

Belum lagi jika kita melihat pasokan yang sampai saat ini masih belum bisa memenuhi permintaan pasar terutama pada hari-hari raya besar seperti Ramadhan. Di waktu-waktu seperti ini permintaan jelas akan melesat tinggi. Ini yang bisa kita manfaatkan sebagai lahan usaha. Tetap dengan catatan awal membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Jika anda memang tertarik untuk memulai bisnis ternak kambing dan sapi dan memiliki cukup modal yang dibutuhkan maka segera saja untuk memulai, karena usaha ini membutuhkan penanganan harian dan bukan usaha yang instant.

sumber gambar: agroconsultant.asia