Bisnis Afiliasi Produk Digital: Masih Menguntungkan?

Bagi anda yang ingin memulai bisnis online, menjadi afiliasi produk digital adalah salah satu cara yang paling mudah dan simple yang bisa dilakukan. Ini dikarenakan untuk memulai bisnis ini kita tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan satu-satunya modal yang paling tidak kita keluarkan hanya modal koneksi internet. Ini bisa didapat dengan berbagai cara, seperti memiliki modem sendiri, jaringan internet kabel, atau sekedar sewa koneksi di warnet.

Untuk marketing kita pun bisa memulai dengan hanya bermodalkan website atau blog gratisan seperti menggunakan produk dari Google yaitu Blogger.com.

Sehingga modal yang paling banyak yang harus kita keluarkan sebenarnya adalah modal waktu dan usaha. Ya, sebagai pebisnis online dan terutama yang bergerak dibidang internet marketing, waktu dan usaha adalah modal yang paling besar yang harus kita keluarkan. Oleh karenanya banyak situs penyedia jasa freelance menghitung komisi atau gaji berdasarkan jam kerja yang dilakukan oleh si freelancer.

Berkaitan dengan internet marketing. Menjadi afiliasi produk digital adalah jalan yang paling mudah yang bisa dilakukan oleh pemula. Ini karena kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat produk digital apapun, baik itu info berupa ebook, ataupun software penunjang bisnis online. Yang perlu kita lakukan adalah hanya mempromosikan produk orang lain dan sebagai kompensasinya kita akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang berhasil melalui link afiliasi kita. Mudah bukan?

Namun justru disini tantangannya. Karena pada dasarnya mudahnya bisnis ini untuk dijalankan maka banyak pula orang yang terjun kedalam bisnis ini, hasilnya persaingan pun semakin ketat. Dari waktu ke waktu bisnis online afiliasi menjadi bisnis primadona yang menjadi pilihan banyak orang. Karena bisnis ini menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit dengan usaha yang tidak terlalu berat.

Nah, bagi anda yang baru memulai bisnis online sebagai afiliasi. Bisa mempertimbangkan beberapa hal tersebut. Jika anda bisa mendedikasikan waktu dan usaha anda untuk bisnis online maka hasilnya akan maksimal. Namun jika bisnis afiliasi ini anda lakukan sebagai pengisi waktu luang, maka tentu saja hasil yang anda dapatkan adalah sesuai dengan usaha anda.