Cara Mudah Untuk Meningkatkan Penjualan di eBay - 3

Kali ini kita akan membahas lanjutan dari cara mudah untuk meningkatkan penjualan di eBay. Untuk bagian pertama bisa dibaca disini dan untuk bagian kedua bisa dibaca disini. Disini kita akan melakukan tehnik atau strategi ke-empat. Strategi ini sebenarnya sangat mudah dan terkait dengan algoritma listing produk di eBay. Caranya adalah dengan mengupload foto produk yang berkualitas baik dan memberikan deskripsi yang sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya.

Ya, cara ini sangat simpel namun juga sangat efektif mendongkrak penjualan produk yang kita jual di eBay. Alasannya tentu saja sesederhana ini, jika kita mampu menampilkan gambaran produk yang kita jual dengan jelas dan berkualitas tentu saja akan menarik minat pembeli untuk mampir dan bahkan membeli produk dari listingan kita. Sama halnya dengan iklan, produk sederhana pun jika dikemas dengan penampilan yang menarik akan berimbas kepada tertariknya konsumen untuk membeli.

Walaupun terlihat atau terdengar sederhana namun ini ada kaitan erat juga dengan algoritma eBay dalam menentukan posisi listingan produk kita jika ada pembeli yang mencari produk dengan kata kunci yang kita target. Karena kalau kita perhatikan, algoritma eBay juga mempertimbangkan CTR atau Click Through Rate produk kita dan perbandingannya dengan produk lain yang se-niche dengan kita.

Penjelasan singkatnya adalah seperti ini: Kalau ada 2 listingan produk yang sama dari 2 seller yang berbeda, maka bagaimana cara eBay menentukan produk mana yang mendapat urutan listing diatas diantara keduanya? tentunya adalah dengan melihat CTR produknya. Artinya, mana diantara kedua listingan ini yang mendapatkan view lebih banyak dan rate terjualnya. Sebagai contoh saja, ada 100 orang yang melihat listingan produk yang pertama dan 10 diantaranya akhirnya membeli produk tersebut. Artinya produk ini memiliki CTR 10%. Pada sisi lain ada 100 orang juga yang melihat listingan produk yang kedua namun 15 orang pada akhirnya membeli produk ini. Artinya produk yang kedua memiliki CTR dan selling rate yang lebih baik dibandingkan produk yang pertama. Dan akhirnya eBay "melihat" bahwa produk yang dijual oleh seller yang kedua memiliki kualitas dan service dari seller yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang dijual oleh seller pertama, ganjarannya tentu saja rangking listingan produk kedua akan lebih baik dari produk pertama.

Nah, CTR dan selling rate ini bisa kita dapat jika kita mengemas listingan kita dengan baik dan profesional. Menggunakan foto produk yang baik dan berkualitas, memberikan deskripsi produk yang lengkap sehingga pembeli tertarik untuk membeli produk kita, dan bisa juga dengan memberikan presentasi deskripsi yang profesional misalkan dengan menggunakan template deskripsi listing yang terlihat menawan dan profesional.

Nah bagaimana? cara mudah untuk meningkatkan penjualan di eBay kali ini benar-benar mudah kan? namun tetap sangat berguna. Semoga dengan menerapkan beberapa tehnik yang sudah dijelaskan di 3 artikel ini bisa meningkatkan penjualan produk kita di eBay dan mendapatkan profit yang baik.