Cara Mudah Untuk Meningkatkan Penjualan di eBay - 2

Berikut ini adalah cara mudah untuk meningkatkan penjualan di eBay bagian ke-2. Untuk bagian pertama bisa dilihat dihalaman ini. Mudah-mudahan sudah mulai take action untuk berbisnis di eBay. Sebagai artikel lanjutan, kita akan membahas secara singkat lagi strategi berikutnya supaya penjualan produk kita di eBay meningkat.

Ketiga, gunakan settingan listing untuk biaya atau ongkos kirim free shipping. Mungkin belum banyak yang sadar bahwa dengan memberikan free shipping atau biaya kirim atau ongkir gratis itu bisa meningkatkan ranking listingan produk kita di eBay untuk kata kunci yang kita target. Selain memang algoritma pencarian produk di eBay sendiri di setting seperti itu, secara psikologis pembeli lebih tertarik untuk paling tidak melihat listingan produk yang menawarkan ongkir gratis ini.

Pasti kemudian timbul pertanyaan, lantas kalau kita menawarkan free shipping rugi di ongkos kirim dong? jawabannya ya tentu tidak, karena kita akan memasukkan biaya kirim ke harga dasar produk yang kita jual. Sebagai contoh, kita sebelumnya menjual kain batik seharga $30 dengan biaya kirim $10 untuk kiriman keseluruh dunia (worldwide shipping). Kita tinggal mengubah listingan kita dengan cara revisi (revise) sehingga menjadi harga barang $40 dengan biaya kirim free. Memang pasti ada juga yang beranggapan kalau begitu kelihatan lebih mahal dong listingan produk kita? Kalau dilihat dari penampilan atau penampakan listing memang lebih mahal tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kita justru akan mendapatkan keuntungan dari ranking produk kita dan juga permainan psikologis pembeli.

Kalau mau sedikit diadakan percobaan, kita bisa mencoba satu atau dua listingan kita untuk di sandingkan antara settingan free shipping dan menggunakan ongkir. Untuk pencarian langsung di kotak pencari (search bar) eBay, listingan kita yang memberikan free shipping akan mendapatkan rangking yang lebih tinggi dari yang tidak memberikan ongkir gratis. Kalaupun pembeli menambahkan atau mengurutkan produk berdasarkan harga barang dari mulai harga yang termurah, maka posisi listingan produk kita yang free shipping tidak akan berbeda jauh dengan yang menggunakan ongkir. Justru disini efek psikologisnya akan berjalan. Pembeli biasanya akan lebih memilih listingan yang ongkirnya gratis dibandingkan dengan yang menggunakan biaya kirim walaupun terlihat harga barang menjadi lebih mahal.

Lagipula baik menggunakan settingan free shipping maupun tidak, final value fee (fee yang akan dikenakan kalau kita berhasil menjual barang kita) tetap sama besar antara yang bebas ongkir dan yang tidak. Karena FVF eBay diambil dari total harga barang dan ongkos kirimnya.

Ini cara mudah untuk meningkatkan penjualan di eBay bagian ke 2 strategi cara ke 3. Seperti biasa bagian berikutnya akan dijelaskan pada artikel yang akan datang. Jadi jangan lupa untuk terus memantau blog ini.