Cara Mudah Untuk Meningkatkan Penjualan di eBay

Anda pasti sedang mencari cara mudah untuk meningkatkan penjualan di eBay kan? Untuk itu anda sampai di artikel ini dimana disini akan dijelaskan cara mudah untuk melakukannya. Berbisnis jual beli produk di eBay memang menjanjikan profit yang sangat menggiurkan. Tidak hanya itu, bahkan kita bisa memulai berbisnis tanpa adanya stock barang satupun dengan menggunakan tehnik dropshipping.

Namun, terkadang semangat kita untuk menekuni bisnis online di eBay ini bisa saja turun dikarenakan produk jualan kita tidak kunjung laku dibeli oleh pembeli. Padahal traffic pembeli di eBay sangat besar namun kenapa kita tidak juga mendapatkan penjualan yang rutin. Salah satu sebabnya adalah listing produk kita di eBay tertimbun atau tertanam entah dibagian halaman keberapa dari beribu halaman produk di eBay dan terselip di jutaan produk yang aktif.

Ya, karena yang berjualan di eBay tentu tidak cuma kita dan beberapa seller lain. Namun berjuta orang dengan bertumpuk-tumpuk produk yang menjadi saingan kita untuk mendapatkan penjualan. Bahkan seller besar bisa memiliki jumlah listingan hingga ratusan ribu produk aktif yang di jual. Bagaimana kita bisa bersaing dengan mereka sedangkan jumlah produk yang kita jual paling hanya beberapa puluh saja. Untuk itu kita tidak perlu khawatir karena rejeki sudah ada yang mengatur dan tentu saja tehnik untuk mengakalinya tersedia.

Kita mulai saja membahas bagaimana cara kita untuk bisa bersaing dengan seller-seller besar di eBay dan meningkatkan kuantitas penjualan produk kita.

Pertama, jual produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi, resiko rendah, dan sedikit saingannya. Bagaimana bisa? tentu saja bisa. Sekedar saran untuk menghindari berjualan di kategori elektronik dan apparel (t-shirt). Walaupun traffic pembeli juga tinggi dibandingkan dengan jumlah produk yang dijual namun masih ditambah dengan resiko penjualan yang tinggi juga. Mulai dari barang mudah rusak dalam pengiriman, orisinalitas produk (VeRO), hingga besarnya juga para buyer scammers.

Untuk itu jika kita baru memulai bisnis, mulailah dari yang kecil, sehingga kita tidak langsung berhadapan dengan masalah yang besar di awal bisnis kita. Lakukan bertahap sehingga kitapun memiliki waktu untuk mempelajari seluk beluk bisnis di eBay ini. Nah, contoh produk yang bagaimana yang memiliki resiko kecil tetapi memiliki traffic pembeli tinggi? pertama buka link ini. Dihalaman ini kita bisa melihat bahwa eBay tidak hanya soal elektronik dan fashion tapi masih banyak lagi kategori lain yang tidak kalah menariknya. Ambil contoh jualan website bagi anda yang suka mendevelop website kemudian menjualnya kembali layaknya di Flippa, traffic eBay tidak kalah banyak dengan Flippa. Atau barang antik maupun koleksi, di Indonesia pasti banyak pasar barang-barang antik atau barang koleksi lawas / lama.

Kedua, manfaatkan jumlah karakter yang diijinkan untuk membuat judul listingan. Jangan membuat judul terlalu singkat dan tidak memiliki unsur menjual. Misalkan kita mau menjual barang antik semisal batik kuno. Usahakan untuk membuat judul listingan yang benar-benar menggambarkan produk yang kita jual semisal "Old Classic Brown Vintage Indonesia Cotton Batik Fabric", dan tidak hanya "Indonesia Batik Fabric". Dan perlu diketahui bahwa judul yang kita tuliskan untuk produk kita itu akan terindex juga di mesin pencari Google. Sehingga judul yang bagus dan mengandung banyak kata kunci akan sangat berguna menjaring pembeli yang mencari melalui mesin pencarian Google. 

Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan di eBay. Tapi supaya artikel tidak terlalu panjang maka akan dilanjutkan pada artikel lainnya. Semoga bermanfaat.