Bisnis Online dan Mendapatkan Profit Dengan Blogging

Siapa menyangka bahwa kita bisa memulai bisnis online dan mendapatkan profit dengan blogging. Menjadi seorang blogger ternyata juga bisa memberikan penghasilan yang tidak sedikit jika kita melakukannya dengan benar. Tidak sedikit blogger yang berpenghasilan lebih dari 10 juta setiap bulan hanya dengan blogging. Ini baru blogger lokal Indonesia, belum ditambah blogger profesional luar negeri yang penghasilan perbulannya bisa mencapai ratusan juta rupiah kalau dihitung dengan rupiah.

Blogging pada dasarnya adalah menjadi penulis online. Kita bisa menulis tentang topik apa saja yang kita kuasai. Misalkan kita memiliki pengetahuan dalam bidang kuliner, maka menjadi blogger dan mengulas makanan-makanan yang beraneka macam bisa menjadi pilihan kita. Begitu pula dengan hobi atau kesenangan yang biasanya kita lakukan. Semisal hobi memancing, maka kita bisa menulis blog tentang seluk beluk memancing.

Lalu dari mana kita mendapatkan penghasilan? tentu saja dari rekomendasi, atau slot iklan yang dapat kita jual dari blog kita kepada mereka yang memiliki kepentingan atau bisnis di bidang yang kita ulas. Dengan contoh sebelumnya kita bisa menawarkan untuk menulis ulasan atau review makanan atau restoran tertentu dengan mendapatkan fee. Atau ikut memasarkan produk pancing yang dijual oleh toko tertentu.

Model penghasilan lainnya masih banyak. Diantaranya adalah dengan ikut program google adsense, dimana kita hanya tinggal memasukkan kode yang telah diberikan kedalam blog kita sehingga nanti menampilkan iklan dari google.

Atau sistem afiliasi produk seperti yang dilakukan oleh perusahaan retail besar amerika Amazon. dimana kita akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual yang berasal dari rekomendasi dan link yang kita berikan. Peluang ini masih sangat besar. Mulailah dari sekarang.