Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar / Mahasiswa

Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar / Mahasiswa. Bagi kamu yang masih berstatus pelajar ataupun mahasiswa yang ingin memulai menekuni bisnis online maka artikel ini penting untuk kamu baca. Memang bisnis online pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pensiunan, atau yang memang ingin terjun ke dalam membangun usaha online.

Tapi tidak semua metode bisnis online cocok untuk dilakukan oleh segmen tertentu. Nah disini yang akan dibahas adalah bisnis online yang cocok untuk kamu para pelajar atau mahasiswa yang ingin menambah uang saku kamu, untuk membayar uang sekolah atau kuliah kamu, atau sebagai dasar untuk kamu tekuni ketika nanti kamu lulus sekolah atau kuliah.

Blogging

Menjadi seorang blogger menjadi pilihan umum yang bisa kamu lakukan. Jika kamu pelajar, mulai setingkat SMP atau SMA dan juga mahasiswa, daripada kamu-kamu online melakukan hal yang tidak ada gunanya selain menghabiskan waktu dengan nge-game atau sekedar browsing-browsing tanpa arah dan tujuan atau sibuk dengan akun sosial media kamu, lebih baik gunakan fasilitas online yang kamu miliki untuk memulai sebuah blog bertemakan sesuatu yang kamu senangi atau kuasai. Mulai saja menggunakan blog gratis seperti Blogger Blogspot dari Google dan sedikit demi sedikit belajar untuk membuat website self-host kamu sendiri.

Tema yang bisa kamu tulis bermacam-macam. Kamu pelajar yang jago kimia? tulis blog tentang pemecahan masalah atau soal dalam pelajaran kimia, bahas soal rumus-rumus yang rumit yang bisa kamu jelaskan supaya teman-teman kamu menjadi paham, begitu juga dengan pelajaran lainnya.

Kamu jago dalam nge-game? ada pendapat yang mengatakan bermain game komputer juga memiliki manfaat positif untuk kamu. Nah gunakan juga keahlian kamu dalam game atau hobi tertentu untuk sharing kepada orang-orang lain yang memiliki atau memainkan game atau hobi yang sama dengan kamu, misalnya tulis tentang tips dan trik dalam mendapatkan uang game secara cepat, tips leveling karakter dengan cepat, atau bahas strategi tertentu yang menurut kamu jitu untuk game yang kamu mainkan. Kamu memiliki hobi tertentu, semisal suka menggambar? tonjolkan dan pamerkan hasil karya grafis kamu kepada orang-orang diluar sana di blog kamu, siapa yang tahu nanti mungkin kamu akan mendapatkan order untuk membuatkan grafis tertentu dari orang lain semisal untuk membuat desain kaos atau t-shirt.

Kamu mahasiswa teknik komputer? Gunakan keahlian programming kamu untuk membuat website atau aplikasi berbasis bahasa program tertentu, dan jual keahlian kamu itu dengan membuka jasa pembuatan website atau aplikasi tertentu. Mahasiswa budaya atau bahasa asing? Ini lebih luas lagi peluang kamu dalam bisnis online. Gunakan keahlian kamu dalam berbahasa asing untuk membuat blog dalam bahasa asing yang kamu kuasai, audiens kamu sangat luas, selain itu kamu bisa membuka jasa pembuatan artikel dalam bahasa asing yang kamu kuasai, pasti banyak peminat yang ingin order artikel ke kamu.

Intinya adalah, gunakan keahlian kamu dan tuangkan ide-ide kamu kedalam sebuah catatan online atau blog. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari menjual keahlian kamu atau minimal menjual slot atau space tertentu di dalam blog kamu untuk iklan.

Ini baru salah satu contoh cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online. Masih banyak metode lain dalam mencari uang di internet. Nanti akan kita bahas satu per satu di artikel lainnya. Selamat memulai.