Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar / Mahasiswa V.2

Kali ini kita akan membahas bisnis online yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa part-2. Untuk part-1 bisa kamu lihat disini. Sebelum kita bahas part-2, apakah bisnis online part-1 sudah kamu lakukan? :) Ok kali ini yang akan kita bahas adalah bisnis pre-order kaos atau t-shirt.

Sebenarnya bisnis ini masih tergolong bisnis yang dilakukan secara offline atau bisnis real. Tapi karena hampir semua aktifitasnya bisa kita lakukan secara online maka kita bisa kategorikan juga bisnis pre-order kaos atau t-shirt ini sebagai bisnis online. Sebagai permulaannya secara garis besar yang akan kita bahas adalah bagaimana mendapatkan desain grafis untuk kaos, kemudian bagaimana cara untuk mencetak kaos dengan kualitas tinggi, dan akhirnya menjual kaos atau t-shirt hasil "karya" kita.

Yang pertama adalah bagaimana cara untuk mendapatkan desain grafis yang nantinya akan kita cetak ke kaos yang akan kita jual. Jika kamu memiliki kemampuan untuk menggambar atau desain grafis terutama desain grafis untuk kaos maka kamu sudah memiliki modal yang cukup besar untuk memulai bisnis online ini. Itu karena kamu bisa menunjukkan dan menuangkan kreatifitas kamu sekaligus berbisnis dan mendapatkan uang. Tapi jika kamu tidak atau belum bisa untuk membuat desain grafis kamu sendiri maka kamu tentunya bisa mencari orang yang jago untuk menggambar atau desain kaos. Bisa mulai dari teman kamu, ajak untuk menjadi "partner" kerjasama untuk menjalankan bisnis ini. Untuk pembagian keuntungan bisa persentase per-project atau persentase per-item terjual atau lebih simpel lagi per-desain kaos yang teman kamu buat.

Yang kedua adalah mencari tempat atau vendor yang memiliki reputasi bagus dalam mencetak sebuah desain kedalam kaos atau t-shirt. Vendor yang kamu pilih harus memiliki jam terbang yang tinggi dan juga harus memiliki kualitas kaos atau t-shirt yang bagus terutama model seperti kaos combed dengan berbagai tipenya. Mereka juga harus memiliki paling tidak pekerja atau karyawan atau siapa saja yang bekerja untuk mencetak kaos lebih dari 2. Ini untuk memastikan bahwa order atau pesanan kita bisa mendapatkan jaminan cepat selesai karena dikerjakan banyak orang. Atau apabila orderan kita masuk daftar tunggu, kita mendapat jaminan bahwa project yang dikerjakan oleh vendor tersebut dapat diselesaikan dengan cepat sehingga kita tidak perlu berlama-lama menunggu giliran pesanan kita untuk di kerjakan.

Yang ketiga adalah bagaimana menjual atau metode marketing kaos yang kita buat. Untuk ini kita bisa menggunakan sistem pre-order, yang artinya bagi calon pembeli yang berminat bisa memesan terlebih dahulu kepada kita dengan memberikan uang muka sekian persen dari harga jual aslinya. Dengan cara ini kita tidak perlu memiliki stok kaos sendiri karena project akan dimulai jika memang sudah ada pesanan yang mencukupi, misalnya jika pemesan sudah berjumlah 12 orang (1 lusin order). Atau jika kamu ingin punya atau mau membangun brand sendiri maka kamu bisa membuat stok produk kamu.

Untuk marketing kamu bisa menggunakan FB (Facebook), Blog / Website kamu sendiri atau toko online, dan bisa juga menjual produk kamu di forum-forum besar yang ada di jagat internet Indonesia.

Nah, disini twist atau pengembangan tehnik bisnis online ini bisa kita lakukan. Misalnya jika kamu memang sudah memiliki desain kaos yang ingin kamu produksi, kamu bisa menggunakan trik yang dijelaskan disini (video youtube). Artinya yang kamu butuhkan hanyalah desain kaos atau t-shirt. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan website teespring.com. Untuk ini nanti kita akan bahas lagi di artikel tersendiri supaya lebih mendalam penjelasannya. Atau jika kamu memang seorang desainer grafis kaos atau t-shirt, dan merasa desain kamu memiliki tingkat atau nilai jual yang tinggi, kamu bisa ikut kontes desain di 99designs.com

Yang manapun yang kamu pilih, ini adalah salah satu bisnis online yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa seperti kamu. Sekarang tinggal bagaimana kamu mau memulainya. Karena yang terpenting adalah action atau lakukan saja, jangan terlalu banyak membaca teori atau cara-caranya tapi tidak pernah memulai. Just go there and do it!