Alternatif Pembayaran Online Selain PayPal

Mencari alternatif pembayaran online selain PayPal? Untuk pembayaran online setiap IM atau bisnis online yang menerima pembayaran dari luar negeri memang harus memiliki akun PayPal.

Tapi sudah banyak pengalaman yang sering kita baca dari internet bahwa terkadang payment processor yang satu ini sering melimit akun user tanpa alasan yang jelas.

Sebagai “onliner” tentu saja kita harus mencari alternatif lain agar bisa tetap menerima pembayaran dari luar negeri dan withdraw ke bank lokal. Nah artikel ini akan memberikan beberapa diantara metode pembayaran alternatif selain PayPal yang baik dan disarankan untuk dimiliki.

1. 2checkout

Online payment processor yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang terbaik yang bisa Anda miliki. Untuk membuka akun di 2checkout dikenakan beberapa biaya untuk pembukaan akun, namun dalam beberapa kesempatan bisa free dengan menggunakan trik tertentu. Dengan memiliki akun di 2checkout kita bisa menerima pembayaran dari kartu kredit dan bahkan juga PayPal tanpa kita harus memiliki akun PayPal. Pembayaran yang masuk ke akun kita bisa di withdraw langsung ke bank lokal Indonesia atau menggunakan kartu debit payoneer keluaran 2checkout. Namun ada batas minimum withdraw yaitu jumlah uang yang terkumpul di akun harus mencapai limit $300 terlebih dahulu baru bisa di withdraw.

2. Skrill (Moneybookers)

Ini merupakan payment processor berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menerima pembayaran online. Skrill juga sudah banyak terintegrasi dengan beberapa shopping cart terkenal seperti prestashop, opencart, atau magento. Sistem kerjanya mirip dengan PayPal dengan struktur fee yang sedikit berbeda.

3. Payza (Alertpay)

Yang ini sekarang banyak menjadi pilihan untuk dijadikan pengganti PayPal. Dengan struktur fee yang mudah dan cukup murah. Untuk melakukan withdraw, untuk Indonesia sekarang satu-satunya cara adalah dengan menggunakan prepaid card yang dikeluarkan oleh Payza sendiri. Kartu prepaid yang juga berfungsi sebagai kartu debit ini dapat digunakan di seluruh ATM yang ada di Indonesia. Namun untuk mengorder kartu ini kita akan dikenakan biaya sebesar $19.95 yang digunakan sebagai “biaya” proses dan kirim kartu ke alamat kita.

4. Payoneer

Payoneer merupakan metode pembayaran online yang akhir-akhir ini menjadi sangat populer dikalangan publisher. Ini disebabkan karena dengan mendaftarkan akun di website Payoneer, kita akan mendapatkan sebuah kartu debit berlogo MasterCard yang nantinya dapat kita gunakan di ATM di seluruh Indonesia untuk menarik uang yang kita miliki di akun Payoneer. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan sebuah akun "virtual" Bank di Amerika (US Bank Account) yang bisa kita gunakan untuk menerima pembayaran online yang membutuhkan withdraw dana ke rekening bank atau menggunakan cek, semisal di Clickbank, Amazon, Commision Junction, beberapa CPA network, dll.

Keempat media pembayaran ini sekarang menjadi pilihan yang cukup masuk akal dan cukup bersaing untuk saat ini. Sekarang tergantung kita sendiri untuk menggunakannya sebaik dan seaman mungkin agar tidak mengalami kejadian seperti akun di limit lagi.