Apa Saja Gunanya PayPal?

Ya, apa saja gunanya PayPal? Bisa jadi ini menjadi pertanyaan pertama Anda ketika mendengar kata PayPal. Ketika kita mau memulai bisnis online, tiba-tiba saja website yang satu ini menjadi salah satu tema yang tidak bisa kita lepaskan atau tidak bisa kita hindari keberadaannya.

PayPal hingga saat ini menjadi sebuah payment processor online terbesar di dunia. Artinya mungkin lebih dari 85% transaksi online pada saat sekarang ini menggunakan PayPal sebagai metode perantara pembayaran. Itu sebabnya jika kita ingin memulai bisnis online, terutama yang menyangkut transaksi internasional, kepemilikan akun PayPal adalah menjadi sebuah keharusan.

Lalu seperti pertanyaan di judul artikel ini, apa saja gunanya PayPal? bagaimana dia bisa membantu bisnis online kita. Secara sederhana bisa dijelaskan seperti ini: misalkan kita mau menekuni bisnis online, bisnis yang mau kita jalankan adalah jual beli online di eBay, tentu saja transaksi yang kita lakukan menggunakan mata uang dollar. Ketika kita memperoleh penjualan dari luar negeri tentu saja kita harus memiliki tempat yang bisa menerima pembayaran dollar. Transfer internasional antar bank tentu membutuhkan jumlah fee yang tidak sedikit.

Disini gunanya PayPal bagi bisnis kita. Pembeli bisa mentransfer uang dollar yang mereka bayarkan untuk barang yang mereka beli ke akun PayPal kita. Setelah saldo masuk ke rekening PayPal kita maka yang selanjutnya kita lakukan adalah mengirim barang yang terjual kepada si pembeli. Setelah semuanya clear maka kita bisa mentransfer saldo yang tadi ada di rekening PayPal langsung ke bank lokal yang kita miliki di Indonesia dengan biaya yang jauh lebih sedikit daripada harus transfer antar bank. Uang yang kita terima di akun bank lokal kita pun sudah dalam bentuk rupiah, sehingga kita tidak harus bersusah payah untuk menukarkan uang kita di money changer.

Apa hanya itu? tentu tidak. Selain sebagai tempat untuk menerima pembayaran internasional, kita juga bisa menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran internasional. Kalau kita mau membeli sesuatu dari luar negeri kita bisa juga menggunakan saldo yang ada di dalam akun PayPal untuk membayar barang yang kita beli. Inilah pada dasarnya kenapa kita harus memiliki akun PayPal. Yaitu sebagai alat menerima pembayaran maupun alat untuk membayar.

Sebagai alat pembayaran, PayPal berfungsi seperti pihak ketiga yang melindungi data-data sensitif yang biasanya di input jika kita melakukan pembayaran online seperti misalnya nomer kartu kredit dan semua data-datanya. Sehingga apabila seller atau website toko online tempat kita berbelanja ternyata website tipu-tipu atau scammer kita bisa melindungi data kartu kredit yang kita miliki, juga lebih jauh kita bisa melakukan dispute untuk memperoleh uang kita kembali.

Kalau kita menggunakan kartu kredit dari bank nasional Indonesia secara langsung dan ternyata transaksi tidak berjalan dengan mulus, secara normal kita sulit untuk melaporkan hal ini kepada bank lokal penerbit kartu kredit untuk menarik kembali uang yang sudah kita transfer atau gunakan untuk membayar. Kalaupun bisa tentu saja prosedur yang kita hadapi tidak akan mudah.

Semoga beberapa penjelasan di dalam artikel ini dapat menjawab pertanyaan dasar Anda tentang apa saja gunanya PayPal. Yang penting apapun yang kita lakukan secara online, terutama untuk transaksi keuangan kita harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap setiap tindak penipuan. Semoga bermanfaat.