Memilih Teknik White Hat atau Black Hat

Ada dua kubu utama yang eksis di dalam dunia blogging yang dikenal dengan white hat dan black hat. Kubu ini di pisahkan oleh prinsip yang tidak bisa disatukan. Disini kita akan mencoba mengenal keduanya lebih dekat dan apa yang menjadi prinsip utama dari kedua kubu yang dasarnya adalah teknik mengelola website di search engine ini.

Yang pertama adalah white hat. Dimana kubu yang menggunakan teknik ini selalu membanggakan usaha dan kerja keras yang dilakukan secara manual dan konvensional. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat atau ranking website di search engine dilakukan dengan hati hati sesuai dengan petunjuk baku yang beredar di kalangan blogger. Tidak menggunakan cara yang "ilegal" seperti spamming atau automatisasi.

Black hat berbeda dengan hacking atau cracking. Kubu ini tidak ada kaitannya dengan hacking yang merugikan orang lain. Hanya saja kubu ini memilih jalan otomatisasi dan sedikit trik yang bisa mengelabui orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Dalam meningkatkan posisi website di search engine kubu blackhat menggunakan program yang di kreasikan untuk mempermudah pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual satu persatu.

Teknik monetisasi juga menggunakan cara yang sedikit "menipu" seperti clickjacking, spamming backlink, dan sebagainya.

Manapun kubu yang kita pilih tentu saja ada keuntungan dan kekurangannya masing masing. Dan harus diingat keduanya tidak ada hubungannya dengan fraud atau scamming. Ini hanyalah istilah yang digunakan dalam proses pengelolaan website untuk mendapatkan posisi yang baik dan penghasilan yang bagus pula.