Peluang Usaha Perlengkapan Berkebun Hidroponik

Jika anda hobi berkebun, maka berkebun atau bercocok tanam dengan metode hidroponik minimal sudah pernah anda dengar. Metode tanam hidroponik ini sekarang sedang naik daun karena semakin besarnya minat masyarakat untuk berkebun terutama di lahan sempit seperti perumahan. Dengan metode ini kita tetap bisa berkebun walaupun tidak memiliki lahan tanam yang luas, dan bahkan bisa dilakukan didalam rumah sekalipun.

Pada dasarnya metode hidroponik adalah metode tanam yang tidak menggunakan tanah untuk media tanamannya. Media ini digantikan oleh air yang sudah dicampur dengan nutrisi tanam pengganti pupuk. Sehingga menanam dengan cara ini relatif lebih bersih sehingga inilah yang menjadi alasan model tanam ini bisa dilakukan didalam rumah sekalipun.

Namun tidak semua orang paham atau mampu untuk membuat sistem hidroponik sendiri. Disinilah peluang usaha yang bisa dilakukan jika anda paham dalam hidroponik. Seperti pembuatan tempat tanam paralon, selang fertigasi, timer, hingga nutrisi hidroponik bisa menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan.

Karena hingga saat ini supplier peralatan hidroponik masih sulit didapatkan atau ditemukan disetiap daerah di Indonesia, maka bisnis ini masih memiliki peluang yang amat luas untuk di kembangkan. Jika kita bisa melakukannya bisa jadi kita juga meningkat menjadi distributor peralatan berkebun atau bertani hidroponik.

Untuk membuat alat-alat atau perlengkapan dasar hidroponik sebenarnya tidaklah sulit. Namun tetap tidak semua orang paham dengan sistem yang harus dibangun untuk membuat sistem hidroponik sendiri. Dibandingkan dengan membuat sendiri dengan kemungkinan gagal, masih banyak yang berpikiran untuk membeli saja starter kit hidroponik.

Bagaimana? Mau mencoba usaha bisnis hidroponik ini?