Memulai Blog: Topik Campuran Atau Khusus?

Sekarang anda sudah memutuskan untuk memulai blogging. Anda sudah menentukan topik namun masih bingung apakah anda akan membuat sebuah blog dimana membahas semua hal yang anda ketahui atau khusus terhadap satu topik tertentu.

Pada dasarnya untuk memulai kita bisa mulai fokus untuk membangun satu website atau blog terlebih dahulu. Dan kita bisa memasukkan semua topik di dalam satu blog tersebut. Kita bisa memilah atau memisahkan antara satu topik pembahasan dengan pembahasan yang lain dengan menggunakan fitur kategori.

Namun sebagai saran ada baiknya jika kita menggunakan satu blog hanya untuk membahas satu topik tertentu. Semisal kita membahas soal kesehatan maka fokuskan pembahasan blog pada persoalan kesehatan saja, dan tidak membahas topik lain semisal keuangan.

Ini akan membangun kredibilitas blog atau website kita terhadap audiens. Jika artikel yang kita publikasikan sangat berguna untuk pembaca maka bukan tidak mungkin pembaca tersebut akan menjadi pelanggan setia dari website atau blog kita. Sehingga setiap hari akan mengunjungi blog untuk mengecek artikel baru yang kita publikasikan.

Pun ini akan menjadikan blog kita kredibel di mata search engine terhadap suatu topik tertentu yang kita bahas, sehingga blog kita akan lebih mudah berada di peringkat atas search engine untuk pencarian topik yang dibahas oleh blog kita. Semakin mudah untuk ditemukan atau mendapatkan peringkat atas di search engine maka akan semakin banyak peluang website kita mendapatkan traffic pengunjung yang banyak. Ini yang menjadi harapan terbesar dari seorang blogger.