Investasi Emas: Masih Menguntungkan?

Emas adalah produk yang memiliki nilai yang tinggi. Bahkan nilainya terus meningkat dari waktu ke waktu. Terbatasnya kandungan emas di dunia menjadikan produk hasil tambang satu ini eksklusif dan memiliki nilai prestise tersendiri.

Ada sumber yang menyatakan bahwa kandungan emas dunia yang berhasil ditambang dan diekstrak menjadi bentuk emas batangan maupun perhiasan jumlahnya tidak lebih banyak dari satu volume kolam renang ukuran olimpiade. Artinya jika semua emas di atas permukaan bumi disatukan dan dicairkan maka jumlahnya hanya bisa memenuhi satu kolam renang ukuran olimpiade. Sangat sedikit dibandingkan dengan populasi manusia yang bisa memilikinya.

Atas dasar inilah emas dari jaman dahulu kala menjadi salah satu logam yang memiliki nilai yang tinggi. Namun apakah investasi emas memiliki nilai keuntungan yang tinggi pula? Ya, emas adalah salah satu produk investasi yang memiliki nilai profit dan margin yang baik. Nilainya tidak terpengaruh inflasi dari mata uang yang berlaku di dunia. Bahkan nilai mata uang sendiri terpengaruh dari harga emas dunia.

Artinya harga emas dari jaman dahulu pertama kali ditemukan dan diperdagangkan hingga saat ini tidak mengalami banyak perubahan. Bahkan emas sendiri dijadikan mata uang di negara-negara tertentu seperti nilai mata uang di sebagian negara timur tengah misalnya dinar Arab Saudi.

Inilah yang menjadi alasan kenapa investasi emas saat ini dan untuk saat yang akan datang masih sangat menguntungkan. Emas adalah produk investasi abadi kalau bisa dikatakan. Namun produk emas yang seperti apa yang memiliki nilai tinggi? Emas batangan murni berkadar 99% adalah primadona yang patut untuk dikejar dan didapatkan.