eBay: Block Pembeli Dari Negara Tertentu - Penting?

Judul sudah memberikan salah satu pertanyaan yang penting bagi kita jika kita memilih berjualan produk di eBay. Apakah penting untuk block pembeli dari negara tertentu supaya tentu saja para calon pembeli dari negara yang kita block tersebut tidak bisa membeli produk kita.

Jawabannya tentu saja sangat penting. Karena ini berkaitan dengan proses kirim, ongkos kirim, lama kirim, dan perilaku standar pembeli dari negara tertentu. Semisal kita menjual produk di eBay dengan sistem dropshipping menggunakan supplier dari US. Ketika kita mendapatkan order pembeli dari Afrika kita tentu akan kemudian order barang yang kita listing ke supplier dan kemudian mendapatkan supplier kita ternyata tidak melayani pengiriman ke Afrika. Tentu yang menjadi sasaran negatif adalah account eBay kita bukan si supplier.

Di contoh kasus lainnya, kita mendapatkan order dari beberapa negara di Amerika Latin contohnya Brasil. Kita menerima orderan pembeli dan kita mengirimkan produk kita ke alamat pembeli. Namun setelah 2 bulan tiba-tiba kita mendapatkan komplain bahwa barang yang kita kirim belum juga sampai ke alamat pembeli. Negatif feedback kita dapatkan. Padahal permasalahannya adalah proses kirim ke negara amerika latin termasuk Brasil biasanya memang sangat lambat bahkan terkadang membutuhkan waktu hingga 2-3 bulan baru terkirim.

Atau semisal kita mendapatkan order dari negara eropa semisal Prancis, kemudian kita mengirimkan produk kita ke alamat pembeli hanya untuk mendapatkan fakta bahwa produk kita termasuk salah satu produk yang tidak boleh masuk ke negara tersebut semisal produk fashion. Pembeli akan kecewa dan akan meninggalkan pesan negatif ke account kita.

Bagaimana? ingin kejadian seperti ini menimpa akun kita? maka pelajari beberapa kasus yang ada sebagai seller eBay, dan jangan sungkan untuk memblock negara tertentu supaya tidak ada order dari negara tersebut.