Tehnik Alternatif Untuk Bisnis di eBay

Tehnik alternatif untuk bisnis di eBay yang akan dibahas kali ini adalah tehnik buy low sell high antara dua website marketplace terbesar di dunia yaitu Amazon dan eBay. Tehnik ini sangat sederhana, kita hanya perlu mencari barang yang kira-kira sedang "hot" di eBay dan mencari barang tersebut di Amazon. Tentu saja kita juga harus melihat selisih harga barang yang ada di kedua website ini. Yang kita butuhkan adalah barang yang harganya lebih murah di Amazon jika dibandingkan rata-rata dengan yang ada di eBay.

Tehnik ini adalah salah satu tehnik alternatif untuk bisnis di eBay yang cukup populer di kalangan dropshipper. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memulai bisnis dengan cara ini. Dengan cara ini, bisnis di eBay memang terlihat menjadi sangat mudah. Karena kita tidak perlu memiliki stok barang sendiri. Tapi hal-hal berikut ini perlu kita perhatikan:

1. Metode pembayaran antara eBay dan Amazon yang berbeda.

Ini hal pertama yang harus kita pikirkan. Metode pembayaran yang berlaku di eBay adalah menggunakan PayPal terutama untuk menerima pembayaran. Dan untuk membeli barang di Amazon kita harus memiliki kartu kredit, karena metode pembayaran untuk barang-barang di Amazon adalah menggunakan kartu kredit. Jadi kita harus mempersiapkan keduanya terlebih dahulu.

2. Resiko pembeli di eBay melakukan dispute.

Resiko ini memang menjadi salah satu masalah yang sampai saat ini menjadi hal yang paling dikhawatirkan bagi pebisnis eBay. Ini karena metode pembayaran yang berlaku di eBay adalah PayPal dan payment processor yang satu ini dikenal mudah sekali bagi pembeli untuk melakukan chargeback atau dispute untuk mendapatkan uangnya kembali walaupun barang sudah mereka terima. Jadi pahami resiko ini. Karena kita menerima uang melalui PayPal dan kita membayar barang di Amazon dengan kartu kredit sehingga ada kemungkinan kita justru mendapatkan kerugian, karena uang yang ada di PayPal dikembalikan ke pembeli sedangkan kita sulit untuk melakukan dispute di Amazon dengan kartu kredit.

3. Pastikan untuk melihat siapa yang memproses barang yang kita beli di Amazon.

Ini juga penting karena kita tidak mau pembeli membeli barang di eBay dan kita membeli barang yang lebih murah di Amazon untuk dikirim ke pembeli tetapi ternyata yang memproses barang adalah Amazon sendiri, sehingga branding Amazon ada dimana-mana. Di kardus atau kotak barang ada logo Amazon, dan yang paling parah sudah jelas adanya invoice dengan logo Amazon dengan harga yang lebih murah dari yang pembeli beli dari kita di eBay. Kalaupun kita mendapatkan barang yang di jual oleh retailer atau penjual personal di Amazon, kita harus proaktif untuk mengirimkan pesan kepada si penjual untuk tidak menyertakan invoice harga barang di kemasan produk yang mereka kirim.

Itu beberapa hal yang harus kita perhatikan jika kita ingin menggunakan tehnik alternatif untuk bisnis di eBay dengan menggunakan Amazon sebagai sumber produk untuk di jual kembali. Yang pasti setiap bisnis itu pasti ada resiko yang harus di hadapi. Semoga bermanfaat.