Cara Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Cara Pengiriman Barang Ke Luar Negeri - Jika Anda ingin mengirim barang ke luar negeri tapi masih bingung bagaimana caranya, maka artikel ini cocok untuk Anda baca terlebih dahulu. Ya, mengirim barang ke luar negeri sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini. Dengan catatan kiriman barang yang kita lakukan bukan dalam jumlah yang sangat besar.

Cara yang paling mudah dan murah untuk mengirim barang ke luar negeri adalah dengan menggunakan jasa Pos Indonesia. Betul, Pos Indonesia juga memiliki layanan kiriman luar negeri yang terbagi menjadi beberapa layanan khusus.

Pertama, kita bisa mengirimkan barang atau paket ke luar negeri menggunakan layanan perangko biasa. Layanan ini cocok untuk kiriman yang tidak memerlukan kecepatan delivery yang cepat terutama dokumen sederhana yang bisa kita bungkus menggunakan amplop. Biayanya paling murah, namun tidak mendapatkan tracking number sehingga kita tidak bisa melacak keberadaan barang kiriman kita, dan juga waktu kirim yang relatif lama berkisar antara 3-4 minggu bahkan bisa lebih, tergantung proses di negara penerima juga.

Kedua, layanan pos tercatat luar negeri atau registered mail. Ini layanan menengah dari Pos Indonesia. Dengan menggunakan layanan ini kita sudah mendapatkan tracking number terbatas sehingga kita bisa melacak keberadaan barang yang kita kirimkan. Biaya relatif murah, dan waktu kirim yang juga relatif cepat berkisar antara 2-3 minggu tergantung juga proses sorting di negara penerima.

Ketiga, layanan express dari EMS. Ini layanan express luar negeri yang diberikan oleh Pos Indonesia. Dengan menggunakan EMS kita sudah mendapatkan layanan tracking number, dan juga waktu tempuh atau waktu kirim paket yang lumayan cepat, berkisar 1-2 minggu, namun biasanya tidak banyak lebih dari 1 minggu. Tapi harga yang berlaku juga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakan registered mail.

Yang perlu diperhatikan juga adalah berat atau volume dari barang atau paket kiriman kita. Jika dibawah hitungan 2kg maka kita bisa menggunakan layanan perangko dan registered mail atau pos tercatat. Tapi kalau berat hitungan sudah di atas 2kg maka kita diwajibkan menggunakan EMS untuk pengiriman barangnya. Sehingga perhatikan juga berat paket yang akan kita kirimkan baik itu berat sebenarnya di timbangan atau berat berdasarkan ukuran volumetric.

Semoga bermanfaat.