Cara Mendapatkan Uang Dari Squidoo

Apa itu Squidoo? bagaimana cara kerjanya? bagaimana cara mendapatkan uang dari Squidoo? Pasti ini menjadi pertanyaan Anda waktu pertama kali mendengar tentang Squidoo. Squidoo adalah salah satu website 2.0 yang dibuat bagi mereka yang gemar untuk menulis artikel. Namun tidak hanya menulis tapi publisher juga bisa mendapatkan uang dari tulisan mereka.

Di Squidoo, halaman website dinamakan dengan lens. Setiap lens memiliki topik pembahasannya sendiri. Untuk membuat lens yang utuh Anda membutuhkan bagian-bagian kecil dari lens yang dinamakan module. Banyak jenis module yang bisa Anda manfaatkan dalam membangun lens. Contoh saja video module yang memungkinkan kita untuk memunculkan video dari Youtube atau dari sumber video online lainnya dan menampilkannya dilens hanya dengan memberikan link videonya saja. Module lainnya adalah text module yang memungkinkan kita untuk menulis artikel didalamnya.

Dari sekian banyak module, yang paling menarik, favorit, dan menjadi sumber paling baik untuk mendapatkan uang adalah dari module jenis komersial seperti Amazon atau eBay module. Module ini memungkinkan kita untuk memunculkan dan memasang barang-barang yang dijual di Amazon atau eBay ke dalam lens. Dan tentu saja jika ada pengunjung lens yang membeli barang dari link yang ada pada lens, kita akan mendapatkan komisi penjualan (setelah dibagi 2 dengan Squidoo).

Tidak hanya dari komisi penjualan Amazon atau eBay, di Squidoo kita juga bisa mendapatkan uang dari bagi hasil iklan. Namun bagi hasil komisi iklan ini tidak sama dengan bagi hasil komisi Amazon atau eBay. Bagi hasil iklan tergantung kepada tinggi rendahnya ranking lens kita di Squidoo.

Ranking lens dibagi menjadi beberapa bagian yang dikenal dengan sebutan tier. Tiap tier mempunyai persentase bagi hasilnya sendiri-sendiri, dan tier yang paling banyak mendapatkan bagian adalah tier 1 dimana lens yang masuk ke dalam kategori tier 1 hanya berjumlah sekitar 1000 lens teratas saja. Rata-rata pendapatan dari lens tier 1 setiap bulan adalah $50. Jadi Anda bisa bayangkan bagaimana jika Anda memiliki sebut saja 4 lens yang berada di tier 1, artinya setiap bulan Anda akan mendapatkan $200 secara otomatis yang dibayarkan lewat PayPal setiap kira2 tanggal 10 tiap bulannya.

Namun ranking lens kita harus tetap dipertahankan karena ranking selalu berubah setiap harinya karena setiap hari pula lens-lens baru dibuat oleh lensmaster lainnya dan setiap lens baru ini berpeluang untuk melejit masuk ke jajaran tier 1. Ini menjadikan kita harus selalu memelihara dan mengupdate lens kita agar tetap fresh dan bisa bersaing untuk memperebutkan ranking 1000 besar.

Lalu bagaimana dengan tier lainnya?. Tier lainnya juga masih mendapatkan bagi hasil dari komisi iklan. Hanya saja besarannya cukup jauh selisihnya. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau Squidoo bisa dijadikan sebagai salah satu sumber dollar yang cukup menjanjikan. Yang harus kita lakukan hanyalah membuat lens sebagus dan semenarik mungkin, berusaha mempromosikannya sehingga mendapatkan traffic yang baik dan kemudian berharap lens kita melejit mendapatkan posisi yang bagus di tier tertinggi. Setelah berhasil masuk ke tier yang tinggi atau berhasil menerobos halaman 1 Google atau search engine lainnya, maka kita tinggal menunggu hasil dari tier atau komisi penjualan Amazon atau eBay. Dan jika telah mencapai tahap ini yang perlu anda lakukan adalah kembali membuat lens yang baru dan mengulang semua yang kita lakukan. Buatlah lens sebaik dan sebanyak mungkin. Selamat mencoba.